Iwak Pe, oh Iwak Pe

0
Iwak Pe

Tubanjogja.org, Iwak Pe

Iwak PeOleh Wisangkala*

Seorang kawan, yang kebetulan pulang kampung, sesore itu tiba-tiba sms saya “Iwak Pe, oh Iwak Pe.” Sontak saya merenung dalam. Bahwa rasanya sudah bertahun-tahun tidak makan Iwak Pe.

Seminggu sebelumnya, sebelum diskusi serius dimulai, kami membahas kuliner Jogja yang didominasi rasa manis. Dan lidah kami belum juga akrab padahal sudah separoh dekade lebih tinggal di Jogja. Hingga pembahasan bergeser pada masakan kesukaan. Ya, ternyata kesukaan kami berdua sama: Iwak Pe! Dan… itu membuat kami mendadak lapar.

Maka, forum kami tinggalkan, berburu ikan tersebut. Dari warung ke warung, hasilnya nihil. Membuat lapar kapi semakin lapar saja. Dan menyerahlah kami, dengan memasuki warung padang…

Iwak Pe,dalam bahasa Tuban, maksudnya adalah ikan Pari, biasanya dipanggang terlebih dahulu, untuk diolah lebih lanjut. Digoreng dengan sambal, atau pakai kuah santan mirip opor. Apalagi kalau yang masak Emak. Hmmm… serasa surga nempel di lidah. Pokoknya begitulah. Yang jelas, Iwak Pe membuat lidah kami terhipnotis, dan langsung menjadi penikmat fanatisnya.

Sebagai penikmat fanatik, wajar kalau kemudian kami rindu berat, hingga kawan saya tadi bela-bela-in pulang kampung. Sebab di jogja susah dicari. Dan, mungkin saja sambil menikmati hidangan ikan pari, dengan nakal ia sms saya, yang membuat lidah saya ngiler. Saya mendadak sebal. Karenanya malas membalas smsnya.

Untung saja saat balik ke Jogja dia membawakan setoples ikan itu plus sambalan. Sebab kalau tidak, saya akan menyumpahinya jadi monyet. Tapi ternyata dia mengerto perasaan kawannya, dan pestalah kita, meski akhirnya mencret.

Udah, gitu aja ceritanya. Sampai disini dulu. Oya, sebenarnya ada masukan dari kekasih saya agar tulisan tentang Iwak Pe disangkut-pautkan dengan soal-soal yang lebih berat, seperti ekonomi, politik, atau budaya. Tapi saya ternyata ogah. Jadi cukup sampai disini. Salam.

Baca Juga Hal Menarik Lainnya : Di Fanspage Kami

*Divisi Militer dan Ideologi Kampret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here