GTM Bangkitkan Semangat Literasi di Tuban

2
Semangat Literasi

Tubanjogja.org, Semangat Literasi

GTM Bangkitkan semangat Literasi

TUBAN – Cangkrukan (kongkow) tak lagi menjadi aktivitas rasan-rasan. Sebab, cangkrukan yang ini cukup berbeda dengan kebiasaan pada umunya. Cangkrukan yang digagas komunitas Gerakan Tuban Menulis pada Minggu, 28 Juni 2015 itu bernuansakan keilmuan dengan membahas gerakan literasi di Tuban. Apalagi diselenggarakan untuk menunggu buka puasa.

Ketua komunitas Gerakan Tuban Menulis (GTM) Mutholibin mengatakan, cangkrukan ilmiah ini dilakukan dengan konsep diskusi santai di aula dinas pendidikan setempat. Tema diskusinya membahas pentingnya gerakan literasi di daerah.

Baca Juga : Al-Quran Sebagai Basis “Litrasi Agama”

‘’Inti membangitkan gerakan menulis di Tuban,’’ katanya.

Dia menuturkan, sebuah peradaban bangsa bisa dilihat bisa didalamnya terdapat banyak penulis. Sebab, seorang penulis banyak memberikan inspirasi dan perubahan di sebuah daerah tersebut.

‘’Kalau pesan pramoedya itu kan menulislah karena menulis adalah pekerjaan yang abadi,’’ ujar dia.

Tholibin mengakui bila mengajak orang menulis itu tidak mudah. Sebab, kemalasan seseorang untuk menulis itu menjadi penyebabnya. Sehingga, perlu ada gerakan secara bersama-sama agar sadar untuk menulis.

‘’Apalagi bisa menulis potensi-potensi daerah seperti Tuban,’’ ujar dia.

Baca Juga : Generasi Z Dan Berakhirnya Zaman Aksara

Lebih lanjut Tholibin menuturkan, untuk memulai menulis harus diawali dengan semangat membaca yang tinggi. Sehingga, apa yang akan dituliskan menjadi karya yang berkualitas.

‘’Jadi kami juga mengajak agar para pemuda untuk gemar membaca dan menulis,’’ tegasnya.

Dalam cangkrukan ilmiah itu juga sekaligus melaunching dua buku yang diterbikan oleh komunitas Gerakan Tuban Menulis. Yakni, antologi cerpen dan kumpulan artikel. Dua buku itu adalah tulisan pada peserta lomba menulis yang digelar komunitas tersebut.

‘’Kami berharap Tuban bisa menjadi kota menulis,’’ tandasnya. (*)

Baca Juga Hal Menarik Lainnya : Di Fanspage Kami

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here