Indonesia Memang Harus Menggugat!

0

tubanjogja.org – Indonesia Menggugat

Indonesia Menggugat
Soekarno

Oleh: Joko Dalem*

Pada 1930, Soekarno ditangkap pemerintah kolonial Hindia-Belanda. Ia diadili dengan tuduhan menghasut rakyat untuk membikin huru-hara. Dan di pengadilan itulah pledoi “ Indonesia Menggugat ” lahir.

Lewat pledoi itu, Soekarno menyatakan bahwa dirinya, bersama kawan-kawannya, adalah tidak bersalah. Bahwa pemerintah kolonial selama ini telah melakukan penindasan, dan bahwa memang sudah sewajarnya dan sudah seharusnya kalau rakyat melawan penindasan. Dan akhirnya Soekarno tetap dijebloskan dalam penjara.

Soekarno, waktu itu, adalah pemimpin pergerakan. Ia adalah rakyat yang hadir. Ia berdiri di muka hakim bukan semata-mata sebagai dirinya, tetapi perwakilan dari rakyat yang ditindas oleh sistem kapitalisme dan imperialisme selama ratusan tahun. Mulai dari imperialisme kuno ala kompeni, cultuuurstelsel, sampai pasca Agrarische Wet yang digawangi kalangan liberal. Dan kesemuanya menyengsarakan rakyat sehingga harus dilawan. Termasuk Soekarno sebagai wakil dari rakyat yang sengsara.

Isi pledoi itu antara lain menerangkan kapitalisme dan imperalisme, beserta penindasan-penindasan yang ditimbulkannya; kemunculan pergerakan di Indonesia, juga Partai Nasional Indonesia yang ia dirikan dan ia pimpin; dan kemokalan pelanggaran-pelanggaran yang dituduhkan pada Soekarno. Maka, ketika 1945 Soekarno menjadi presiden Indonesia, bersama kawan-kawan menyusun suatu konsepsi agar negara yang dibentuk, adalah negara yang melawan kapitalisme dan imperialisme dunia, sebagaimana tercermin dalam pembukaan UUD 1945.

Saat ini, penjajahan-ulang itu kita rasakan betul di tengah kapitalisme-neolib yang sedang berjingkrang. Parahnya, pemerintah saat ini malah memberi karpet merah atas kehadirannya, sementara banyak juga kalangan intelektual yang menyembah-nyembah dan menganggap tidak ada dunia lain diluar kapitalisme.

Karena itu, wahai seluruh rakyat Indonesia, bacalah buku ini kembali, dan gugatlah tatanan yang menindas ini!

Baca juga: Mengenali Kembali Gerak Sejarah Indonesia

*Kader muda KPMRT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here