“Hahal Bi Halal”, KPMRT Bahas Kemiskinan di Tuban

0

Tuban, – Adakan halal bi halal, Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Ronggolawe Tuban (KPMRT) Yogyakarta bincangkan kemiskinan di Tuban. Bertempat di kediaman Zainal, Jatirogo, Sabtu 01 Juni 2017.

Selain bersilaturahmi, warga KPMRT juga gelisah atas laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan Tuban adalah kabupaten ke-5 termiskin di Jawa Timur. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Ulil Arham, pemantik diskusi acara tersebut.

“Ko bisa ya Tuban masuk kabupaten miskin di Jawa Timur? Padahal kita punya sumber daya alam strategis yang cukup melimpah. Kita punya laut, sawah, ladang dan tambang baik semen atau minyak, ko malah kalah sama Bojonegoro,” tanya Arham memulai diskusi.

“Harusnya, dengan segala potensi itu kita bisa menjadi salah satu kabupaten yang maju dan sejahtera. Tapi itu tidak terjadi dan justru menjadi ironi. Masih banyak masyarakat miskin di tengah pembangunan yang massif,” tambah Arham, mantan ketua KPMRT periode 2011-2013.

Menanggapi hal tersebut, Nasihin, Ketua KPMRT, memberi kritik terhadap kebijakan pemerintah. Menurutnya, ini terjadi karena pemerintah salah urus.

“Ya bagaimana rakyat bisa sejahtera, jika orientasi pembangunan kita tidak mengedepankan kepentingan rakyat. Industri dibangun tapi dikuasai korporasi asing. Dan pembangunan ekonomi rakyat malah dikesampingkan. Ironisnya, program kemiskinan sifatnya hanya pemberian bantuan yang dampaknya tidak sistemik, seperti raskin, BLT dan lain-lain. Dimana dalam prakteknya bantuan itu seringkali bermasalah, seperti penyelewengan dan tidak tepat sasaran,” kata Nasihin.

Acara yang juga dihadiri oleh tamu undangan dari Organisasi Mahasiswa Daerah (Ormada) Tuban di beberapa kota–Surabaya, Semarang dan Bali–ini berjalan rukun dan guyup. Usai diskusi kemiskinan, sarasehan dilanjutkan membahas program kerja, Keluarga Mahasiswa Tuban Indonesia (KMTI) dan Legalisasi Ormada di Tuban. Sebelum akhirnya acara ditutup dengan makan-makan, saling bersalaman dan poto bersama. [Gembili]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here