Peran AICIS dalam Dunia Internasional dan Persoalan Kemanusiaan

1

Tubanjogja.org, – Kementerian Agama akan menggelar Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS). Event ini menjadi rangkaian dari International Islamic Education Expo (IIEE) yang akan diselenggarakan di ICE BSD Serpong Tangerang Selatan pada tanggal 20-23 November 2017 mendatang.

AICIS dan Persoalan Kemanusiaan
AICIS

Dalam sambutannya, Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Ishom Yusqi, MA, menyapaikan bahwa PTKIN sangat diharapkan perannya dalam di ranah internasional dan persoalan-persoalan kemanusiaan. Dimana sekarang muncul banyak persoalan di dunia islam dan harus menjadi perhatian perguruan tinggi.

Baca juga Hal Menarik Lainnya : Fanspage Kami

“PTKIN harus benar-benar meletakkan misi kemanusiaan sejati. Tidak hanya sebagai menara gading yang mengkaji teori dan beberapa konsep. Lebih dari itu, nilai keagamaan dan teori-teori yang ada di kampus harusnya bisa diterapkan pada sisi kemanusiaan yang lebih nyata. Sehingga dapat berkorelasi antara sisi agamis dan humanis secara kolektif,” ungkapnya.

Dalam forum tersebut rencananya akan didatangi oleh para muslim di seluruh dunia. Dan diharapkan dapat memberi pengaruh positif dalam merespon persoalan kemanusiaan yang menjadi bagian dalam berislam acara kaffah.

Prof. Dr. Ishom Yusqi, MA menambahkan bahwa tujuan dari forum tersebut adalah untuk membicarakan bagaimana ajaran islam dan PTKIN bisa ikut berperan aktif meyelesaikan problem-problem manusia. Terlebih persoalan penindasan yang masih marak sampai sekarang, seperti genosida (pembunuhan etnis), imigran, terorisme dan seterusnya.

“Semoga dari AICIS kita dapat menemukan dan menghadirkan pemikiran-pemikiran yang genuine untuk kemaslahatan kemanusiaan secara universal” tutupnya. [Rois]

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here