Tuban Berduka: Kiai Haji Azhari Mu’thi Tutup Usia

Tuban Berduka
KH Azhari Mu'thi Tutup Usia

Tuban Berduka – Hari ini, Sabtu 9 Desember 2017, masyarakat Tuban berkabung. Mereka harus merelakan satu lagi sosok yang selama ini banyak memberi warna di bidang qira’at al-Quran di Tuban. Iya, beliau adalah Kiai Haji Azhari Mu’thi. Tokoh yang juga merupakan pengasuh pondok pesantren Hidayatul Mubtadiin di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini menghembuskan nafas paripurnanya pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB di rumah sakit NU Tuban.

Tuban Berduka
Suasana Kediaman KH Azhari

Menurut sumber, beliau sudah berada di rumah sakit cukup lama. Kisaran dua minggu. Pada awal minggu kedua, dikabarkan kondisinya mulai membaik, tapi kendati demikian, beliau masih tidak bisa mengingat dengan baik orang-orang yang berada di sekitarnya. “Kondisinya mulai membaik, jadi sekarang sudah tidak lagi di ruang ICU,” tutur salah satu sumber yang tidak mau disebutkan namanya.

Pada 6 Desember 2017, bertepatan hari Rabu, setibanya kondisi beliau kembali kritis. Beliau koma. Di hari berikutnya, Kamis, kondisinya tidak kunjung juga membaik. Di sela masa kritis, ada yang menyebut, “Mungkin Kiai Azhari menunggu hari yang berkah.”

Tuban Berduka
Suasana Masjid di sebelah kediaman beliau

Kiai Azhari memang sudah cukup lama mengidap diabetes dan darah tinggi. Sebelum masuk rumah sakit untuk terakhir kalinya ini, beliau sering keluar masuk rumah sakit. Dua jari kakinya juga sudah diamputasi. Ingatannya menjadi sangat terbatas. “Iya, kemarin waktu sowan ke ndalem beliau, saat masih sehat, saya saja dipanggil ‘buk’,” cerita Arina, salah satu murid beliau, ketika kami mewawancarainya lewat telepon.

Tuban Berduka

Dan akhirnya, tepat hari ini, di pagi yang langitnya tak lagi sama, Kiai Azhari telah meninggalkan kita semua. Jenazah dimakamkan sekitar pukul 15.30 di pemakaman umum kecamatan Kerek, depan lapangan Margomulyo. Cuaca sore itu menyisakan kepedihan. Di tengah pengiringan jenazah menuju pemakaman, para penakziah terguyur hujan.[]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here