tubanjogja.org – Islam Progresif

Oleh: Ahmad Dafit

Abstrak

Seiring kondisi umat Islam yang masih dalam keterpurukan, yaitu kemiskinan dan ketidakadilan, membuat banyak tokoh muslim berpikir ulang mengenai keislaman. Perdebatan-perdebatan tentang keislaman terus bergulir, misalnya bagaimana Islam menghadapi tantangan zaman. Dimana saat ini, dunia sudah jauh berkembang melampaui awal kelahiran Islam di masa lalu.

Salah satu dari tokoh yang menberi perhatian serius terhadap Islam dan perkembangan zaman adalah M. Dawam Rahardjo. Berdasarkan soal tersebut, kajian ini fokus pada konsep pemikiran dan implementasi Islam Progresif M. Dawam Rahardjo. Penelitian ini juga menelaah pengkajian, dan pembahasan literatur-literatur dengan pendekatan historis-sosiologis. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis yang menjelaskan, memaparkan dan menganalisis hasil pemikiran dan ruang geraknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa M. Dawam Rahardjo adalah bagian dari Islam Progresif. Ia menerima kenyataan dunia modern, seperti pluralisme, liberalisme, dan sekularisme, Dawam merengkuh ketiganya untuk dijadikan sebagai bagian dari penguat keberagamaan dan kemasyarakatan.

M. Dawam Rahardjo adalah salah satu tokoh Islam yang punya andil dalam perubahan sosial. Implementasinya bisa dilihat dari berbagai karyanya yang concern pada pembaharuan Islam dan pemberdayaan masyarakat. Lalu dalam sikap dan perilakunya, baik secara individu maupun di bawah naungan lembaga yang ia pimpin, seperti LSAF (Lembaga Studi Agama dan Filsafat) dan LP3ES (Lembaga Penelitikan, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial). Kritiknya atas tatanan ekonomi politik yang tidak adil, diiringi dengan berbagai solusi yang dia tawarkan. Adapun tawaran Dawam untuk membendung sistem ekonomi yang merugikan rakyat kecil adalah dengan pembangunan berbagai koperasi. Kemudian, pilihan Dawam  pada jalur civil society, dan tetap menghindari partai politik, menurutnya adalah bahwa perjuangan keislaman di jalur politik hanya cenderung akan mengeksploitasi agama untuk kepentingan sektarian.

Lanjut baca download pdf

Kata Kunci: Islam Progresif, Pembaharuan, Civil Society, dan Social Reform.

Keterangan: Artikel ini pernah dimuat di ejournal.uin-suka.ac.id

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here