Hahal Bi Halal KPMRT; Pulang adalah Puncak Pengembaraan

1

Mawot – Lagi dan belum bosan, Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Ronggolawe Tuban (KPMRT) Yogyakarta adakan halal bi halal di Tahun 2018. Bertempat di kediaman Endri Maeda, Sugiharjo Tuban (20/06/2018). Acara mengambil tema “Pulang adalah Puncak Pengembaraan”.

Maksudnya adalah menanamkan kesadaran bagi setiap anggota KPMRT agar tidak lupa tanah kelahiran. Hal itu sebagaiamana disampaiakan oleh Adhim, Ketua KPMRT, dalam sambutannya.

“Saya sering mendengar kritik/saran dari para alumni atau orang tua yang peduli terhadapa perkembangan pelajar Tuban yang sedang mengembara–kuliyah di luar Tuban. Bahwasannya banyak dari kita yang enggan pulang dan memilih berkarir di luar Tuban, tragisnya mereka seolah sudah lepas dari kampung halaman dan hanya sekedar kembali untuk mudik. Mereka seolah sudah mengabaikan permasalahan yang ada di tanah kelahiran. Untuk itu, sudah menjadi kepedulian dan tanggung jawab kita bersama bahwa; pengembaraan adalah sebuah proses menempa diri untuk kemudian kembali guna mengabdi.” -ungkap Adhim, pemuda asal Palang yang bercita-cita menjadi pelaut.

Sementara itu, Nasihin, selaku alumni dan mantan ketua KPMRT juga menghimbau agar memaksimalkan fungsi organisasi dalam merawat kesadaran. Menurutnya, penting kiranya di dalam KPMRT dibangun pemahaman tentang sutuasi dan peran pemuda dalam melanjutkan estafet pembangunan daerah.

“Penting kiranya kita mengingat fondasi lahirnya orda, semacam KPMRT ini. Bahwa selain sebagai wadah berkumpul adalah juga sebagai media transformasi kesadaran dan pengetahuan atas situsasi sosial, ekonomi dan politik dari daerah kepada generasi muda–yang berada jauh dari kampung halaman–agar senantiasa kenal, faham dan cinta pada Tuban. Sebab, puncak pengembaraan adalah pulang.” – tuturnya.

Sementara itu acara yag dihadiri oleh anggotan dan tamu undangan dari beberapa orda di Tuban itu, berjalan cukup harmonis. Setelah sesi tukar pikiran antar generasi, acara kemudian dilanjutkan dengan bakaran bebek dan ayam. Dalam suasana sore yang kian larut, puncak acara diakhiri dengan tertawa bersama sembari menghabiskan sisa legen yang disediakan tuan rumah. [COY]

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here