Antara “Gosip”, Keseimbangan, dan Kamu

0
Antara “Gosip”, Keseimbangan, dan Kamu
Antara “Gosip”, Keseimbangan, dan Kamu

Pada kisaran 50rb tahun silam, manusia (sapiens) berhasil menemukan satu teknologi canggih. Namanya “gosip”. Ia tidak saja berhasil membuat sapiens mampu bekerja sama secara intim dalam cakupan 10 – 15 individu (sebagai cakupan normal), tapi bisa sampai 50. “Gosip” terbukti efektif untuk semakin mengakrabkan mereka. Satu sama lain.

Pada masa sebelumnya (sekitar 150rb tahun silam), para sapiens kuno tampak polos dan telanjang. Saat mengetahui temannya mempunyai rencana jelek, maka mereka akan segera bilang pada teman-temannya yang lain secara blak-blakan. Pun apa adanya. Begitulah yang terjadi. Di benak mereka konsep “gosip” belum muncul. Dalam kondisi begini, bisalah dibayangkan: betapa sulit nenek moyang kita menjaga keseimbangan kelompoknya jika di situ ada 15 lebih individu. Walhasil, dengan ditemukannya “gosip”  cukuplah wajar ketika ia diklaim sebagai teknologi yang mencekam.

Jadi, karena itulah, beberapa hari ini aku suka “gosip” tentangmu.  Kamu tahu kan. Biar aku lebih bisa menyeimbangkan spektrumku denganmu!

(Referensi: Yuval Noah, Sapiens, 2011)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here