Menagih Janji dan Jabatan KPMRT

0
Menagih Janji dan Jabatan KPMRT
Sumber: Pinterest

Menagih janji dan jabatan KPMRT (Keluarga Pelajar Mahasiswa Tuban), mungkin sedikit pas untuk judul tulisan ini. Karena tidak ada persiapan dan rencana yang pasti untuk mengadakan acara kongres, yang dimana kepemimpinan KMPRT sudah akan menginjak satu tahun, sebagaimana pada jum’at 29 september 2017 lalu diadakanya kongres.

Persiapan yang matang sangat dibutuhkan dalam kongres. Karena ini menyangkut masa depan KPMRT untuk satu tahun mendatang. Sehingga diharapkan bisa mendapatkan pengurus yang baik untuk memberi contoh kepada anggotanya dalam upaya mencapai sebuah tujuan yang sudah dirancang. Bukan hanya kata-kata saja, tapi ada kerja keras dan kerja nyata sangat dibutuhkan kalau ingin KPMRT terus ada.

Perlunya untuk mempercepat adanya persiapan tersebut membuat mantan ketua KPMRT, Ali Hamsyah Nasikhin, SH geram. karena proses untuk pelaksanaan menguras dana dan waktu sangat banyak, sedangkan kontrak ADART akan berakhir pada akhir september mendatang.

Dalam Islam menepati kontrak ADART adalah hal yang wajib, Sebagaimana yang diriwayatkan dan dikatakan oleh Nabi Muhammmad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, tentang mekanisme kontrol terhadap pemimpin.

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ فُرَاتٍ الْقَزَّازِ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا حَازِمٍ قَالَ قَاعَدْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ خَمْسَ سِنِينَ فَسَمِعْتُهُ يُحَدِّثُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :

كَانَتْ بَنُو إِسْرَائِيلَ تَسُوسُهُمْ الْأَنْبِيَاءُ كُلَّمَا هَلَكَ نَبِيٌّ خَلَفَهُ نَبِيٌّ وَإِنَّهُ لَا نَبِيَّ بَعْدِي وَسَيَكُونُ خُلَفَاءُ فَيَكْثُرُونَ قَالُوا فَمَا تَأْمُرُنَا قَالَ فُوا بِبَيْعَةِ الْأَوَّلِ فَالْأَوَّلِ أَعْطُوهُمْ حَقَّهُمْ فَإِنَّ اللَّهَ سَائِلُهُمْ عَمَّا اسْتَرْعَاهُمْ

Abu hurairah r.a berkata : rasulullah saw bersabda :

Dahulu bani israil selalu dipimpin oleh nabi, tiap mati seorang nabi seorang nabi digantikan oleh nabi lainnya, dan sesudah aku ini tidak ada nabi, dan akan terangkat sepeninggalku beberapa khalifah. Bahkan akan bertambah banyak. Sahabat bertanya: ya rasulullah apakah pesanmu kepada kami? Jawab nabi: tepatilah baiatmu (kontrak organisasi) pada yang pertama, dan berikan kepada mereka haknya, dan mohonlah kepada allah bagimu, maka allah akan menanya mereka dari hal apa yang diamanatkan dalam memelihara hambanya.

Penjelasan tentang kata bai’at, berasal dari suku kata bahasa arab ba-ya-‘a yang bermakna transaksi. Bila transaksi ini konteksnya adalah ekonomi maka ia berarti jual beli yang kemudian dikenal dengan kata kerja bu yu’ yang berarti terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli. Akan tetapi bila konteks kata tersebut adalah organisasi, maka yang dimaksud transaksi di sini adalah sebuah perjanjian antar anggota dan pemimpin.

Oleh sebab itu, bila kita memaknai hadis di atas secara dalam dan kontekstual, maka kita dapat menangkap pesan bahwa Rasul s.a.w menekankan betapa pentingnya sebuah kontrak ADART dalam sebuah sistem kepemimpinan.

Maksud dan tujuan setiap kekuasaan di dalam Islam adalah agar agama ini menjadi milik Allah, kalimat Allah menjadi yang tertinggi dan ibadah hanya diperuntukkan untuk Allah. Sesungguhnya Allah SWT menciptakan makhluk untuk beribadah semata kepada-Nya. Karena tujuan itulah Allah menurunkan wahyu, mengutus Rasul dan karena alasan itu juga Rasul dan orang-orang beriman melakukan jihad.

Ketua KPMRT yang sekarang ini sangat berperan penting dalam Kongres. Karena dalam mewujudkan adanya kongres harus sepengetahuan dan perintah dari ketua umum. Anggota hanya bisa menagih janji, karena telah memberikan haknya kepada pemimpin melalui baiat yang dilaksanakan pada tahun lalu. Oleh karena itu kewajiban besar telah menanti tugas seorang pemimpin KPMRT.

Namun, tugas yang demikian besar itu rasanya tidak mungkin dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin itu sendirian, meskipun Abdul Adhim sepengetahuan saya tipe orang yang kuat, pandai, dan cerdas. Oleh karena itu juga dapat membebankan sebagian tanggung jawab ini kepada penggurus yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here