PARA KYAI BERKUMPUL MEMANTAPKAN RUU PESANTREN

0

Bogor – Kementerian Agama melalui Dirjen Pendidikan Diniyah dan Pondok pesantren menyelenggarakan workshop pengembangan kompetensi ustadz pada satuan pendidikan muadalah dan pendidikan diniyah formal angkatan III (24/09/).

Dalam pertemuan tersebut, salah satu yang menjadi bahasan yaitu RUU pesantren yang saat ini tengah dibahas di Baleg DPR RI, beraneka tanggapab datang dari beberapa perwakilan Pondok pesantren, KH. Alwi Muhammad perwakilan dari Pesantren Asadiyah Sulsel mengatakan “harapannya, kedepan pemerintah lebih memperhatikan pesantren, karena pesantren juga merupakan lembaga pendidikan seperti halnya pendidikan modern”.

Selanjutnya, Alwi juga menambahkan bahwa dengan adanya RUU ini, pesantren juga harus melakukan standarisasi pengajar atau Ustadz, yang sangat penting dalam mencetak anak didik yang berkarakter. “Pesantren harus memiliki standar kompetensi ustadz, agar output yang dihasilkan sama dari pusat ke daerah”. Namun demikian, menurut Alwi, standar tersebut tidak menghilangkan nilai-nilai lokal.

“Standar yang diciptakan tidak boleh menghilangkan nilai-nilai lokal kedaerahan” imbuhnya. [Rois]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here