Stressing Menuju Kongres

2

Joko Gembili

Tiga hari lagi KPMRT kongres, alangkah baiknya kalau kita melakukan pemanasan terlebih dahulu. Mendinginkan otak, melemaskan otot, supaya tidak ada kram lalu kejang-kejang di dalam otak kita. Tapi yang terpenting, apakah kalian sudah menentukan pilihan yang menurut kalian jujur, adil, pintar, tampan. Tapi sepertinya KPMRT tidak membutuhkan ketua yang tampan. Sebab ketampanan anggota KPMRT tidak dinilai dari fisiknya, tinggi pendek, atau seberapa putih dia. Melainkan dari seberapa gregetnya dia di KPMRT.

Atau, jangan-jangan kalian belum mengetahui siapa calonnya nanti. Berapa yang mencalonkan, golongan darah ningrat atau bukan, tingkat kecerdasannya, dan kemapanannya. Jika itu terjadi pada kalian, mulai saat ini kalian harus mencari tahu agar bisa menentukan pilihan dengan tepat.

Sebagai pemanasan, ada beberapa kriteria pemimpin ideal yang sering dibahas dalam acara-acara tertentu. Namun ada satu kriteria yang sering diabaikan karena sibuk memilih yang jujur, adil dan cerdas. Pemimpin yang ideal yang diwariskan leluhur KPMRT yang dimaksud di sini adalah pemimpin yang mampu mencintai apa adanya, tanpa sebab dan bukan persoalan (karena). Dia harus siap mencintai KPMRT meski KPMRT tidak mempunyai apa-apa. Jika ada salah satu anggotanya yang entah, pokoknya entah, ketua tidak boleh melakukan tindakan yang kurang baik. Membenarkan, mengajak, adalah bentuk dari mencintai apa adanya. Jika sudah menemukan yang mampu mencintai KPMRT apa adanya, jenis kejujuran maupun keadilan sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Oh, ya. Sekedar informasi pelaksanaan Kongres. Kongres, atau pergantian pengurus baru akan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2018. Bertepatan di kantor pengurus Nahdatul Ulama (PWNU) D.I. Yogyakarta. Kalau melihat tempatnya yang dipilih, Kongres akan dilaksanakan begitu megah. Jelas dengan konsep yang luar biasa. Dengan pertimbangan yang cukup matang. Jadi, jangan sampai tidak hadir ya.

Untuk kalian yang akan datang pada kongres tahun ini, kalian tidak perlu membawa apa-apa, cukuplah membawa keikhlasan. Maksudnya, keikhlasan suara yang kalian sumbangkan. Dengan keikhlasan, KPMRT mungkin akan lebih baik. Akan lebih ikhlas lagi pengabdiannya kepada masyarakat.

Sedikit saran pembekalan sebelum berangkat mengikuti kongres, berdoalah, meminta kepada Tuhan supaya KPMRT diberi ketua yang mampu menjalankan amanah. Membuat prinsip pada diri kalian sendiri, bahwa pilihan kalian, kalianlah yang menentukan sendiri, bukan dari bisikan orang lain yang belum tentu itu lebih baik daripada pilihan sendiri.

Sekali lagi, kalian perlu hadir dalam Kongres ini. Penting, untuk keselamatan warga KMPRT. Jika Kongres ini gagal, apakah kalian siap transmigrasi? Maksudnya, jika kongres gagal, kepemimpinan tidak akan berubah. Yang artinya sistem lama akan terus berjalan. Di zaman pak Soeharto, di terapkan sistem transmigrasi, program persebaran penduduk, yang orang pro Soeharto mengatakan itu hanya program Jawanisasi saja.

Justru ini sebaliknya, bukan karena ketua KPMRT yang tidak jadi diganti karena gagalnya kongres lantas mengadakan program transmigrasi yang manfaatnya entah—tapi konyol juga kalau itu terjadi di KPMRT. Oke, kembali ke paragraf ini di kalimat pertama. Misal, jika masih dengan kepengurusan yang lama, ketua yang lama, yang sebenarnya kalian sudah menginginkan kepengurusan yang baru tapi justru kalian tidak hadir dalam kongres, maka kongres gagal, pasti kalian ada rasa menyesal. (Kenapa tidak ganti pengurus, kan bosan). Maka bisa jadi pelampiasan kebosanan kalian dengan kepengurusan yang lama adalah, kalian melakukan program transmigrasi sendiri. Pindah ke Orda tetangga. Alhasil, KPMRT sedih, menangis. Bahkah, dengan tidak adanya kalian, KPMRT akan mati dikoyak sepi.

sepi.

2 KOMENTAR

  1. NAMA: ARINA AYU AZHARI

    SUREL: AZHARI@GMAIL.COM

    SITUS WEB:

    PESAN: AKU SETUJU DENGAN PERNYATAANMU KAK

    AKU MABA DAN PENGEN ADA ORANG YANG BER-KPMRT DENGAN TULUS DAN GUYUP SEPERTI ORDA LAIN, PERKENALKAN SAYA ARINA ANAK KEDOKTERAN UGM SEMESTER 1 RUMAHKU DI KEREK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here