Persatu (Tuban) – 2019 Ganti Kasta

0
Persatu (Tuban) - 2019 Ganti Kasta
Sumber: wartatransparansi

Di tahun 2019 ini, Persatu Tuban telah membuat perubahan. Diantaranya adalah adanya stadion baru yang berada di wilayah Widengan, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Dan naiknya kasta, dari Liga 3 ke Liga 2 putaran nasional 2019.

Walaupun kalah melawan tuan rumah Persik Kediri dengan skor 3-1 dalam pertandingan babak 8 besar Liga 3 Nasional, di Stadion Brawijaya Kediri, pada Sabtu (22/12/2018). Sehingga tidak menutup kemungkinan bagi Laskar Ronggolawe untuk lolos ke Liga 2 musim depan. Karena dalam pertandingan melawan Persik Kediri Persatu Tuban ingin lolos ke Final Liga 3.

Kekalahan itu juga membuat langkah tim Tuban terhenti untuk melanjut ke Final Liga 3 Nasional. Sehingga, para pemain Persatu yang telah memperkuat tim di Liga 3 Nasional kemarin telah dibubarkan.

“Semalam sudah kita bubarkan tim (Persatu, red) skuad liga 3,” ungkap Fahmi Fikroni.

Hal tersebut juga sudah masuk dalam perhitungan manajer Persatu Tuban (Fahmi Fikroni) saat melakukan pertandingan laga melawan Persewar Waropen tim asal Papua. Dalam pertandingan tersebut, Persatu Tuban berhasil bermain imbang 1-1 pada Rabu (19/12/2018). Pada laga pertandingan sebelum melawan Persik Kediri.

 “Untuk bisa lolos ke liga 2, kita hanya butuh hasil imbang saat melawan Persewar Waropen,” ungkap Manager Persatu (Fahmi Fikroni) sebelum laga melawan Persewar Waropen.

Atas lolosnya Persatu Tuban ke Liga 2 musim depan, Ronggomania dan Ronggomanita pun turut bahagia atas prestasi tersebut. Sehingga kebahagian tersebut di rayakan dengan konvoi yang dimulai di Stadion Tuban Sport Center sampai di Gor Rangga Jaya Anoraga Tuban, pada Minggu (23/12/2018)

“Baru pertama kali ini selama 7 tahun saya di Persatu, budget paling rendah tapi berhasil lolos Liga 2,  terimakasih kepada semuanya yang telah bekerja keras untuk persatu Tuban,” ungkap Nasrudin (ketua Persatu Tuban).

Untuk soal baget Persatu Tuban sangatlah memprihatinkan untuk bisa lanjut dalam liga 2 putaran nasional.

Walaupun di Tuban sekarang sudah menjadi kota industri. Kondisi keuangan Persatu sangat minus. Selama musim kompetisi 2018, anggaran operasional Persatu Tuban setiap bulannya sekitar Rp 150 juta. Berapa per musimnya? Menurut catatan wartawan koran ini, pada 2017 anggaran total operasional Persatu tercatat Rp 2,5 miliar.

Anggaran tersebut jauh dari dana sponsorship yang diterima Persatu setiap musimnya yang tak lebih dari Rp 600 juta. Salah satunya dari PT Semen Gresik (SG) yang menjadi pabrik semen raksasa di Tuban hanya menyumbang uang sebesar Rp 300 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here