Perenungan Untuk yang “Kokoh Tak Tertandingi”

0

Joko Gembili

Pabrik semen di Tuban merupakan anugrah dari Tuhan YME. Korporasi adalah wakil Tuhan melalui invisible hand guna menolong umat manusia yang miskin. Alam ada untuk dieksploitasi, walau menimbulkan bencana tak mengapa. Asal PAD (Pendapatan Asli Daerah) tetap terjaga, asal negara jumawa. (Dikutip dari pemenang kuis tubanJogja)

Ada dampak baik buruknya terhadap pabrik semen di Tuban. Dampak baiknya yaitu dengan adanya pebrik semen ini sangat membantu kesejahteraan masyarakat, karena adanya otonomi daerah sebagian pendapatan pabrik semen masuk ke APBD yang mana dana-dana tersebut bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat, juga adanya pabrik semen tersebut telah terbukanya lowongan kerja. Namun di samping itu juga ada dampak buruknya, seperti misalnya kerusakan lingkungan, polusi akibat pabrik, kurangnya kesuburan tanah akibat eksploitasi tanah yang berlebihan, dan lain sebagainya. (Dikutip dari pemenang kuis tubanjogja)

Kesejahteraan yang diperoleh masyarakat Tuban dengan adanya pembangunan pabrik semen hanya sebuah alih-alih korporasi supaya bisa melakukan ekspansi kapital. Masyarakat di beri iming-iming yang bersifat jangka pendek, sedangkan dampak ekologis dari pembangunan akan mengalami keberlanjutan yang terus menerus. Kita bisa memperkirakan berapa jumlah tenaga kerja yang akan bekerja di pabrik tersebut sudah pasti tidak akan menyelesaikan persoalan ekonomi seluruh warga masyarakat Tuban. Dengan adanya pembangunan pabrik semen di Tuban artinya masyarakat harus siap dengan tantangan krisis ekologis dan lingkungan. (Dikutip dari pemenang kuis tubanjogja)

Satu sisi, hadirnya semen di Tuban tidak bisa dihindari, adapun yang bisa dilakukan sekarang ini sebatas bagaimana hadirnya pabrik itu bermanfaat bagi masyarakat. Atau paling tidak, tidak terlalu merugikan. Tapi, pada sisi lain, saya merasa kalau untuk merespons pabrik ini berdampak pada pemuda sekitar yang merasa terlalu dimanja oleh akses pekerjaan yang mudah, pada akhirnya mereka malah enggan melanjutkan studi, memilih bekerja, menikah muda dengan kemapanan finansial sehingga Tuban akan kekurangan sumber daya manusia. (Dikutip dari pemenang kuis tubanjogja)

Mengenai pabrik semen di Tuban menurut saya sangatlah bagus guna untuk meningkatkan pendapatan daerah dan juga mengurangi pengangguran di kabupaten Tuban. Akan tetapi ada kekurangan yaitu polusinya yang mengganggu masyarakat sekitar yang masih dalam radius terdekat dari pabrik semen tersebut. (Dikutip dari pemenang kuis tubanjogja)

Dari beberapa jawaban di atas mari kita simpulkan dengan pemikiran yang bersih tanpa keberpihakan antara pro maupun kontra—setidaknya kesimpulan yang kita hasilkan bisa kita gunakan dikemunidan hari.

Tujuan utama tulisan ini dilahirkan yaitu mengajak pembaca budiman untuk berangan-angan perihal pabrik yang sudah lama berdiri di Tuban. Artinya, setelah membaca ini maka angan kita akan melahirkan suatu gagasan berupa baik dan buruknya mengenai pabrik yang konon sudah menghidupi ratusan warga Tuban, atau justru sebaliknya juga bisa saja. Juga data-data yang kita peroleh dari berbagai sumber merupakan hal penting sebagai pembantu untuk  mendapatkan kesimpulan.

Setidaknya setelah perenungan, atau angan-angan kita selesai kita akan mendapatkan poin. Dan jangan lupa untuk mendapatkan poin yang berlian kita harus memikirkannya dengan pertimbangan yang matang. Salah satu contohnya, seberapa besar keuntungan yang kita dapat dari pabrik tersebut, dan, seberapa besar dampak negatif yang kita peroleh dari pabrik tersebut. Memikirkan sesuatu dengan mementingkan jangka panjang merupakan kebiasaan orang cerdas. Maka, pembaca budiman, jadilah orang cerdas sekarang juga.

sumber gambar: Percikan Perenungan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here